Tuesday, June 20, 2017

Pengalaman Masuk Jurusan Teknik Sipil

Hai Sobat, sedikit share mengenai bidang teknik sipil yang saat ini saya ambil sebagai jurusan kuliah. Saat masih duduk dibangku Sekolah Menengah, keputusan untuk mengambil jurusan apa saat masuk kuliah. Berbagai keinginan pun muncul silih berganti, pengen ambil jurusan A, jurusan B, dan sebagainya itu pada saat masih kelas XI. Selang beberapa waktu sampailah di kelas XII, sudah terpikirkan ujian, tryout dan persiapan untuk Ujian Negara. Selama sebelum memasuki waktu ujian, guru mata pelajaran Bimbingan Konseling mengarahkah sekaligus mengenalkan apa itu yang dimaksud dengan universitas, politeknik, sekolah tinggi, akademi, dan sebagainya. Benar waktu ujian pun berlangsung. Dengan pikiran yang kacau, saat menentukan pilihan pada waktu seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau nama tren nya ( SNMPTN ) asal aja milih, tanpa memikirkan jurusan apa dan kampus mana yang diambil. Sampai berlangsung SBMPTN, dan UM pun begitu semua nya tidak lolos dan tidak diterima. Namun saya tidak putus asa untuk berniat melanjutkan kuliah, dan saya mempunyai pikiran kuliah di PTS pun tidak masalah dengan semangat dan berjuang pun nanti hasilnya akan dapat kita rasakan. Dan akhirnya saya melanjutkan kuiah di Universitas PGRI Semarang dan saya memilih jurusan teknik sipil, disini pun saya masih bingung karena latar belakang saya bukan dari SMK jurusan teknik bangunan maupun teknik gambar bangunan melainkan dari jurusan IPA SMA. Saya mempunyai pikiran masih ada hubunganya dengan perhitungan - perhitungan. Saya bersyukur bisa mengikuti sampai di semester 4 dengan baik dan bisa mempertahankan IP saya, Oh iya, bagi temen - temen saya berpesan saat memilih jurusan saat kuliah, pilih dengan matang - matang agar tidak menyesal. Bisa juga konsultasikan dengan guru, atau mentormu agar diarahkah sesuai dengan pilihan teman - teman. Sampai bertemu dilain kesempatan dan teruslah belajar capai cita - cita. SEMANGAT !!!!

1 comment: